Jumat, 10 Juli 2015

MEMILIH KAYU JATI YANG BERKUALITAS



MEMILIH KAYU JATI YANG BERKUALITAS

 
     Pada dasarnya kayu jati dapat menjadi komoditas Ekspor, karena kualitas kayu jati memang tidak usah diragukan lagi. Mengapa seperti itu?. Kayu jati biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai bahan baku pembuatan mebel ataupun Furniture, Hasilnya mebel dan furniture yang berbahan baku kayu jati tidak kalah saing dengan komoditas kayu yang lainnya. Soal harga anda tidak perlu khawatir, Jika anda membeli dalam jumlah besar atau partai besar pasti diskon yang anda dapatkan juga melimpah selain itu anda akan mendapatkan keuntungan yang besar setelah kayu jati itu anda olah menjadi berbagai macam mebel maupun furniture.

            Apabila kayu jati itu sudah tua tidak diragukan lagi kualitasnya, tetapi kadang dimasyarakat kita sering beredar kayu jati yang berkualitas kurang bagus biasanya disebabkan kayu jati tersebut masih muda sehingga kualitasnya pun belum setinggi kayu jati tua Kelebihan yang dimiliki kayu jati yang berumur lebih tua memiliki pori-pori yang lebih padat sehingga kayu menjadi kuat dan awet. Selain itu, kayu jati tua memiliki permukaan yang sangat dekoratif, karena tekstur dan serat kayunya memang sudah terbentuk dengan sempurna dan indah. Akan tetapi, untuk memperoleh kayu jati yang lebih berkualitas, bukan hanya dari tua atau muda kayu saja tetapi kita juga harus memperhatikan dari segi yang lain.
            Ciri-ciri kayu yang berkualitas tinggi :
  1. Umur kayu harus benar-benar tua karena memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang lebih bagus dibandingkan kayu yang muda.
  2. Pori-pori kayu terlihat padat. Pori-pori yang padat menjadikan kayu jati lebih awet dan tahan terhadap serangan hama perusak kayu seperti rayap.
  3. Warna kayu lebih hidup karena kayu jati yang berkualitas pasti kayunya berumur tua, dan warna permukaan kayu pada kayu jati yang berumur tua akan terlihat lebih hidup atau berwarna lebih pekat disebabkan banyaknya pigmen kayu yang terbentuk pada kayu jati tua.
  4. Tidak terdapat mata mati pada kayu jati karena mata mati perlu dihindari karena kemungkinan kayu jati patah tinggi.
    Mata Hati pada Kayu Jati
  5. Tidak ada hati kayu. Hati kayu adalah bagian dari pusat kayu, bagian ini biasanya berisi seperti gabus. Umumnya, tampilan hati pada kayu, berbentuk seperti garis yang panjang dan apabila terlepas akan menimbulkan bekas yang dapat merusak keindahan kayu jati.
  6. Kayu jati tidak berlubang
Faktor penting yang menyebabkan kayu jati menjadi komoditas dengan harga yang mahal
dimasyarakat karena faktor permintaan yang tinggi dimasyarakat sedangkan waktu tumbuh kayu jati sangat lama.




1 komentar: